Menu

Mode Gelap
 

News · 1 Agu 2022 WIB ·

Pentingnya Al-Qur’an Dalam Kehidupan Manusia


 Pentingnya Al-Qur'an Dalam Kehidupan Perbesar

Pentingnya Al-Qur'an Dalam Kehidupan

Islaminesi – Al-Qur’an secara ilmu kebahasaan berakar dari kata qaraa yaqrau qurana yang berarti “bacaan atau yang dibaca”. Secara general Al-Qur’an didefinisikan sebagai sebuah kitab yang berisi himpunan kalam Allah, suatu mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril, ditulis dalam mushaf yang kemurniannya senantiasa terpelihara, dan membacanya merupakan amal ibadah.

Al-Qur’an juga merupakan pedoman hidup bagi manusia di dunia akhirat. Manusia merupakan makhluk sosial yang mempunyai kekurangan dan kelebihan di masing-masing orang baik dari segi kehidupan maupun sikapdiri seseorang. Kita sebagai manusia belajar dan mengetahui apa Al-Qur’an tersebut, bagi orang-orang yang sudah tahu pasti kehidupannya berjalan lurus sesuai dengan kandungan ayat di dalam Al-Qur’an.Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia suatu hal yang utama dalam agama Islam, karena Al-Qur’an ini sangat penting dalam kehidupan manusia.

Dilihat dari kelebihannya Al-Qur’an salah satunya yaitu sebagai petunjuk, baik petunjuk kehidupan atau petunjuk ke jalan yang benar selama kita hidup di bumi. Dengan mempelajari Al-Qur’an kita akan tenang tentram dalam menjalani suatu hal apapun, belajar Al-Qur’an ini harus dimulai sejak usia dini sehingga ketika dewasa nanti sudah mengetahui mengapa kita harus mempelajarinya Al-Qur’an. Bahwa kehidupan ini tidak semudah membolak balikkan telapak tangan, karena hidup itu ada rintangan dan tantangannya, hal ini juga melatih kesabaran manusia dalam menjalani kehidupan yang layak. Sehingga kita sebagai manusia harus mengetahui apa itu Al-Qur’an, bagaimana landasan mempelajari Al-Qur’an bagi anak usia dini, dan seberapa pentingnya Al-Qur’an dalam kehidupan Manusia.

1. Pengertian Al-Qur’an

Secara etimologi, ada beberapa pendapat tentang asal-usul kata Al-Qur’an. Namun secara garis besar bisa dikelompokkan menjadi tiga:

1. Kata Al-Qur’an adalah isim ‘alam (nama) yang digunakan unuk menyebut kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Ia tak ubahnya seperti Taurat dan Injil yang diguna kan untuk menyebut kitab yang diberikan kepada Musa dan Isa.

2. Kata Al-Qur’an berasal dari qarana yang berarti “menghimpun atau menggabung”. Hal ini sesuai dengan sifat Al-Qur’an yang menghimpun huruf, ayat, dan surat.

3. Kata Al-Qur’an adalah bentuk masdar dari qara’a yang berarti “membaca”. Qur’an merupakan masdar yang juga bermakna maf’ul, sehingga artinya “bacaan”. Bentuk ini sama dengan ghufran (ampunan) yang merupakan masdar dara ghafara (mengampuni), atau rujhan yang merupakan masdar dari rajaha. Dari tiga pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa Al-Qur’an merupakan kitab yang berisi segala perintah dan petunjuk kehidupan bagi manusia.

Pengertian Al-Qur’an ini lebih mendekati kebenaran seperti kehidupan nyata yang sebenarnya, sebab di dalam pembahasan Al-Qur’an banyak ayat-ayat dari Al-Qur’an yang dicantumkan dalam pengertian tersebut.  Maka definisi Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, yang tertulis dalam bahasa Arab, dan membacanya bernilai ibadah. Al-Qur’an diriwayatkan secara mutawatir, ditulis dalam mushaf, diawali surat al-Fatihah dan diakhiri surat an-Nas, berfungsi sebagai mu’jizat. Sehingga Al-Qur’an ini juga sangat penting bagi pedoman hidup manusia, karena manusia yang berpedoman terhadap Al-Qur’an semakin lebih tenang dalam menjalaninya.

2. Landasan Belajar Al-Qur’an Pada AUD

Pengajaran Al-Qur’an bagi anak usia dini merupakan hal sangat penting dilakukan dan juga suatu tanggung jawab bersama antar keluarga, sekolah, masyarakat. Dengan adanya pengajaran Al-Qur’an maka seseorang itu mempunyai wawasan ilmu yang tinggi tentang Al Qur’an. Pengajaran Al-Qur’an ini dimulai sejak anak usia dini, nantinya agar terbiasa dalam belajar dan membaca Al-Qur’an setiap hari. Belajar Al-Qur’an juga suatu kebutuhan bagi semua manusia, dan bisa di katakan sebagai kewajiban manusia yang menganut agama Islam. Al-Qur’an ini juga sebagai patokan masuknya agama Islam, bahkan semua umat Islam harus diwajibkan minimal bisa membaca Al-Qur’an. Karena apabila umat Islam tidak bisa membaca Al-Qur’an pasti ada yang kurang, selain itu dengan belajar Al-Qur’an juga dapat membuat kita sadar apa yang kita lakukan selama hidup ini benar atau salah.

Baca Juga: Hubungan Antara Ilmu Akhlak Dengan Ilmu Tauhid

Dengan demikian bahwa pengajaran Al-Qur’an pada anak usia dini merupakan modal terbesar untuk mewujudkan pribadi-pribadi yang insani. Pengajaran Al-Qur’an harus wajib dijalankan dengan tujuan mencetak generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan pembimbingan terhadap generas-generasi selanjutnya. Maka dianjurkan bagi umat Islam untuk lebih mempelajari Al-Qur’an dan memperbaiki suara yang fasih dalam melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an agar orang yang mendengarkannya lebih khusyu’ dan bermanfaat. Oleh karena itu generasi penerus bangsa harus diwajibkan bisa membaca dan mempelajari Al-Qur’an guna melanjutkan jasa pendidik dan lebih berguna bagi bangsa dan Negara, dan karena itulah anak sejak kecil sudah harus diberikan pendidikan.

3. Seberapa Penting Al-Qur’an Dalam Kehidupan Manusia

Al-Qur’an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan Allah kepada manusia. Al-qur’an ini memiliki fungsi, seperti Al-Qur’an dalam agama Islam, Al-Qur’an bagi kehidupan manusia, dan fungsi Al-Qur’an sebagai sumber ajaran Islam. Tetapi disini penulis akan membahas fungsi seberapa penting Al-Qur’an dalam kehidupan manusia. Bahwa Al-Qur’an berperan sangat penting bagi kehdiupan manusia, sebab pernyataan Al-Qur’an ini sangat kuat dalam menjelaskan apa arti dari ayat Al-Qur’an tersebut, bahkan juga disertai bukti dari pengalaman-pengalaman Nabi dan Malaikat zaman dahulu. Dalam kehidupan manusia, Al-Qur’an dikatakan sebagai petunjuk jalan yang lurus, menjelaskan kepribadian manusia, Al-Qur’an memantapkan iman Islam, dan sebagai tuntunan dan hukum untuk menjalani kehidupan.

Dengan demikian Al-Qur’an dalam kehidupan manusia mengiringi manusia agar hidup yang baik dan benar atau hidup di jalan yang lurus, dan kita juga di ingatkan untuk terus bertakwa kepada Allah SWT. Selain itu Al-Qur’an juga menjelaskan kepribadian manusia, sehingga kita juga bisa menilai baik atau buruk kepribadian kita serta dapat membedakan baik dan buruk. Apabila ketika iman kita goyah, kita bisa membaca Al-Qur’an hal itu akan membuat iman kita menjadi lebih kuat.

Dengan kita menjalani kehidupan sesuai dengan isi Al-Qur’an maka akan baik- baik saja dan apa yang kita jalani pun akan mengikuti hati dan fikiran kita yang positif. Bahwa kehidupan di dunia ini tidak mudah pasti ada hambatan dan rintangannya, tinggal kita sendiri bisa menerima dengan baik dan sabar atau tidak hal itu tergantung dengan kepribadiannya kita sendiri. Sehingga kita harus melibatkan Allah, mendekatkan diri kepada Allah, selalu beribadah dan membaca Alqur’an pasti akan ada jalan keluarnya dengan cara yang baik.

KESIMPULAN

Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, yang tertulis dalam bahasa Arab, dan membacanya bernilai ibadah. Sehingga Al- Qur’an ini juga sangat penting bagi pedoman hidup manusia, karena manusia yang berpedoman terhadap Al-Qur’an semakin lebih tenang dalam menjalaninya.

Adapun landasan Pengajaran Al-Qur’an bagi AUD suatu pedoman yang sangat penting dijalankan, karena untuk mencetak generasi penerus bangsa atau pendidik yang berwawasan ilmu Al-Qur’an yang baik. Selain itu umat Islam juga dianjurkan bisa membaca Al-Qur’an hal itu bisa disebut juga ibadah. Al-Qur’an juga sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, Al-Qur’an sebagai petunjuk jalan kehidupan yang lurus, dapat memperbaiki kepribadian manusia, serta menguatkan iman kita dari perbuatan yang buruk. Sehingga dengan adanya Al-Qur’an semua manusia akan hidup tentram dan menikmati kehidupan yang baik dan benar tanpa adanya timbul perlakuan yang buruk.

Baca Juga: Pengertian Qada’ Qadar: Takdir Pada Zaman Azali dan Hikmahnya

Penulis: Vicxy Tasfiatu Qolbina

Referensi:

1. Syukran, Agus Salim (2019).Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia.Lamongan.Vol. 1 No. 1.

2. Mawaddah, Sri (2017).Suatu Pembiasaan Bagi Anak-Anak Belajar Al-Qur’an.Vol. 6 No. 1.

3. Misbahuddin, H. ling (2014).Dimensi Keilmuan Dalam Al-Qur’an.Vol. 6 No. 2.

4. Jaedi, M (2019).Pentingnya Memahami Al-Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan.Vol. 5 No. 1.
https://telistik.id/news/fungsi-dan-manfaat-al-qur’an-dalam-kehidupan-sehari-hari.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengertian Wali

7 Agustus 2022 - 14:17 WIB

Wali

Penjelasan Al-Quran dan Hadis Tentang Karomah Wali

7 Agustus 2022 - 13:30 WIB

Karomah Wali

Menikah Atau Menjomblo

6 Agustus 2022 - 15:50 WIB

Menikah Atau Menjomblo

Penyebab Manusia Terdorong Mengikuti Hawa Nafsunya

6 Agustus 2022 - 15:02 WIB

Penyebab Manusia Terdorong Mengikuti Hawa Nafsunya

Al-Qur’an dalam Perespektif Imam Syafi’i

1 Agustus 2022 - 15:30 WIB

Al-Qur'an dalam Perespektif Imam Syafi'i

Fakta Ilmiah Penyembelihan Hewan Dengan Basmalah, Hikmahnya Sesuai Medis

30 Juli 2022 - 13:49 WIB

Fakta Ilmiah Penyembelihan Hewan Dengan Basmalah, Hikmahnya Sesuai Medis
Trending di Hikmah Syari'at