HRW : Arab Saudi Pelanggar HAM Mengerikan di Yaman

1Islaminesia.com – Keanggotan Arab Saudi di Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bansa (PBB) mulai dipertanyakan dan digugat melihat serangkaian aksi pelanggaran HAM yang dilakukan Riyadh.

Amnesti Internasional dan Human Rights Watch (HRW) meminta Majelis Umum PBB menangguhkan keanggotaan Arab Saudi di Dewan HAM karena aksi koalisi yang dipimpin Arab Saudi telah membantai rakyat Yaman.

Wakil direktur HRW terkait hal itu, Philippe Bolopion menuturkan “Arab Saudi memiliki catatan pelanggaran HAM di Yaman sangat mengerikan, padahal negara ini anggota Dewan HAM PBB, namun dengan strategi intimidasi untuk lari dari tanggung jawabnya justru merusak kredibilitas lembaga ini.”

HRW dan Amnesti Internasional memiliki 69 bukti serangan udara koalisi Arab Saudi yang mengakibatkan 913 warga sipil termasuk penargetan fasilitas umum seperti rumah sakit, pasar, sekolah, tempat kerja, dan masjid.

Selain itu, 19 serangan bom tandan ke berbagai wilayah sipil juga dikantongi kedua lembaga internasional tersebut sebagai bukti kejahatan Arab Saudi.

Laporan PBB menyebutkan bahwa sedikitnya 510 anak-anak di Yaman tewas akibat serangan udara koalisi Arab Saudi dan 667 lainnya mengalami cedera serius. (II/TF)

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.