Jelang Tahun Pemilu, Jokowi Minta Polri Petakan Sumber-sumber Provokasi

1Islaminesia.com – Presiden Joko Widodo meminta Polri untuk benar-benar mempersiapkan pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 sejak sekarang.

Hal itu disampaikan Jokowi di Akademi Kepolisian RI, Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/10/2017).

“Jadi menjelang Pilkada 2018, juga menuju Pemilu 2019 pengamanan harus betul-betul dipersiapkan secara detil,” kata Jokowi.

Pengamanan yang dimaksud Jokowi adalah termasuk pemetaan potensi friksi atau konflik yang rawan terjadi setiap penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Pemetaan potensi friksi itu harus punya sehingga preventif bisa dilakukan,” kata mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi juga meminta Polri untuk memetakan secara detiil sumber-sumber provokasi yang biasanya menebar fitnah jelang tahun Pemilu.

“Sumber-sumber yang yang kita perkirakan akan memprovokasi juga harus dipetakan secara detil. Siapa dan akan melakukan apa, intelijen kita harus punya data komplet mengenai ini,” kata Jokowi.

Sebab, lanjut Jokowi, jangan sampai Polri hanya menjadi pemadam kebakaran atas masalah yang terjadi karena provokasi pihak-pihak tertentu.

“Jangan sampai sudah kejadian kita bingung mencari air untuk memadamkan. Pencegahan lebih baik, dan menyiapkan alternatif solusi. Harus plan A, B, C. Harusnya sudah terbiasa dengan rancangan seperti itu,” ujar Jokowi. (II/TF/Kompas)

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.