Ini Tiga Manfaat Kunjungan Raja Arab Saudi ke Rusia

Islaminesia.com, Untuk pertama kalinya dalam sejarah Kerajaan Arab Saudi, seorang Raja melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia, Kamis, 5 Oktober 2017.

Kedatangan Raja Salman di Istana Presiden di Kremlin disambut langsung Presiden Vladimir Putin. Kedua negara sesungguhnya berseberangan mengenai perang Suriah, namun tak menghalangi mereka menjalin kerja sama. Ada tiga manfaat kunjungan:

  1. Senjata

Arab Saudi teken kontrak kerjasama pembelian senjata untuk prtahanan udara S-400. Senjata ini diklaim dapat mengejar pesawat udara Amerika F-22 Raptor. Senjata ini sengaja dijual Rusia karena negeri ini telah memiliki S-500 yang lebih canggih.

  1. Energi

Pada pertemuan di ibu kota Rusia, Krmelin, kedua negara meneken kerjasana investasi energi senilai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 13,5 triliun. Sedangkan perusahaan minyak Saudi, Arambo, melakukan kerjasama awal melakukan penyulingan minyak dengan Dana Investsi Rusia (RDIF) dan perusahaan mintak raksasa Rusia, Sibur.

  1. Nuklir

Rusia dan Arab Saudi juga menyepakati kerjasama aton dan nuklir untuk kepentingan non-militer. Sebuah perusahaan dari Rusia, Rosatom dan Menteri Energi Saudi menandatangani kerjasama energi nuklir.

“Kami sepakat melakukan kerjasama pembangunan energi nuklir sebagai sumber dasar lisrik, industri dan teknologi di Saudi,” kata Menyeri Energi Rusia, Aleksandr Novak. (WY/Tempo)

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.