Ketika Anak Bertanya; Apakah Tuhan Sejak Awal Sudah Ada?

sumber: griyaquran.org

sumber: griyaquran.org

Islaminesia.com—Apakah ketika kita mengatakan bahwa Allah SWT sejak awal sudah ada, yang  dimaksud awal adalah suatu hari, misalnya hari selasa pada tahun tertentu? Sudah pasti bukan ini yang kita maksud, karena jika kita mengatakan bahwa Allah SWT pada hari tertentu ada, maka dalam pikiran kita akan muncul pertanyaan sebelum hari itu bagaimana? Apakah pada saat itu tuhan ada atau tidak?

Seseorang bertanya kepada Imam Baqir, “Katakanlah kepadaku sejak kapan Tuhan itu ada?” Imam Baqir berkata, “Katakanlah kepadaku, sejak kapan Tuhan tidak ada, setelah itu saya akan katakan kapan Tuhan itu ada”.

Imam Baqir ingin memahamkan kepada orang ini bahwa Allah SWT itu selalu ada, jika ada seseorang mengatakan bahwa Allah SWT pada hari tertentu ada dan sebelumnya tidak ada maka pasti perkataan ini tidak benar.

Anakku! Ketika kita mengatakan orang mukmin akan abadi di dalam surga, abadi dalam surga hingga kapan? Sudah pasti bahwa waktu tertentu bukan yang dimaksud misalnya hari jumat. Nah, ketika kita katakan bahwa Allah sejak awal ada, bukanlah hari tertentu yang kita maksud. Detik, menit, jam, hari, bulan, dan tahun tertentu merupakan ciri dari ciptaan Allah SWT. Ketika ia memiliki hari kelahiran dan hari kemunculan, itu berarti sifat dari makhluk Tuhan sekalian alam. Sementara Allah SWT tidak memiliki tahun kelahiran dan tahun kemunculan.

Anggapan bahwa tuhan sejak hari tertentu muncul atau lahir adalah anggapan yang salah, karena itu bermakna tuhan itu tidak ada sebelum waktu itu. Tuhan yang kadang ada dan kadang tidak ada, maka ia bukanlah Tuhan.

Jika Allah SWT berfirman, “Allah itu yang pertama”.  Maksudnya adalah setiap kali kalian menganggap bahwa ada wujud pertama ada, maka ketahuilah bahwa Allah SWT sudah lebih dahulu ada sebelum makhluk pertama itu.

 

*Sumber: Buku “Pengenalan Tuhan untuk Anak-Anak”.

 

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.