Ketika Anak Bertanya; Kenapa Tuhan Menciptakan Jin Sehingga Kita Merasa Terganggu?

1Islaminesia.com—Siapa yang mengatakan bahwa jin mengganggu kita? Ada urusan apa jin dengan kita? Kenapa kamu berpikir bahwa jin menganggu manusia? Jin tidak punya urusan dengan manusia, mereka memiliki urasan sendiri. Selama 41 tahun ini, jin tidak pernah mengganggu saya. Justru, banyak manusia yang menggangguku, akan tetapi jin tidak pernah melakukan itu.

Terkadang udara menggerakkan pintu atau jendela kamar kita, dan kita mengatakan jin datang, atau kucing masuk ke pekarangan rumah dan berkelahi dan kita berpikir bahwa jin yang datang, sementara tidak demikian.

Jin itu ada, dan Al-Qur’an juga mengabadikannya. Seperti dalam Surah Al-Saba, Allah SWT berfirman, “Sekelompok jIn yang atas perintah Tuhan Nabi Sulaiman mereka bekerja untuk Sulaiman”.  Akan tetapi apa yang dipikirkan selama ini adalah bahwa jin itu memiliki wujud yang menakutkan dan suka mengganggu manusia, itu tidak benar.

Coba kamu pikir sendiri, apakah semua pembunuh, zalim, pencuri dan yang suka mengganggu manusia kesemuanya berjenis jin ataukah manusia? Penduduk Palestina, Irak, Suriah dan Yaman mereka menghujani dengan bom, menembak dengan peluru, apakah pelakunya semua dari jin ataukah manusia? Jika kita harus takut kepada sesuatu, semestinya kita harus takut kepada manusia yang suka mengganggu bukan dari jin.

Allah SWT menciptakan berbagai macam makhluk dan masing-masing darinya, Allah SWT telah tentukan nikmat yang diberikan kepada mereka, dan sudah ditentukan tempatnya. Allah Maha pengasih menciptakan ikan, burung, binatang berkaki empat, binatang ternak, binatang buas, dan berbagai jenis hewan yang hidup di salah satu sudut dunia ini, begitu pula halnya jin dan makhluk lain.

Apakah ikan di laut mengganggu kita? Apakah burung-burung mengganggu kita? Apakah hewan yang hidup di pengunungan, di hutan, dan dasar laut mengganggu kita? Pasti kamu akan jawab bahwa mereka tidak akan mengganggu dan tidak memiliki urusan dengan kita. Nah, demikian pula halnya jin mereka tidak ingin mengganggu dan menyiksa kita.

 

*Sumber: Buku “Pengenalan Tuhan untuk Anak-Anak”.

 

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.