Sutradara dan Penulis Naskah dalam Rumah Tangga

Sumber: palingyunik.blogspot.com

Sumber: palingyunik.blogspot.com

Islaminesia.com—Dalam rumah tangga Islam, laki-laki dalam perannya sebagai penanggung jawab merupakan sebuah kekhususan yang harus dikenali dan diketahui kadarnya. Kebanyakan dari mereka mencari suatu tanggung jawab sebagaimana fitrahnya, karena mengetahui bahwa baginya, hal itu adalah sebuah kewajiban dan keharusan.

Sebagian besar laki-laki menganggap bahwa menikah adalah jalan agar rasa tanggung jawab tersebut tersalurkan. Tak ada masalah dalam hal ini, bahkan sangatlah baik. Akan tetapi, sebagian dari perempuan menyalahgunakan kekhususan yang dimiliki oleh laki-laki. Mereka membuat dan menyusun daftar atas berbagai keinginan dan permintaan yang tidak masuk akal dalam kehidupan mereka, dimana hal ini dibebankan kepada laki-laki. Sedangkan laki-laki yang memiliki jiwa tanggung jawab, akan berusaha sekuat tenaga untuk menjawab keinginan-keinginan istrinya meskipun dengan berbagai kesulitan. Demi untuk menarik keridaan pasangannya, sang suami akan menyediakan keinginan-keinginan tersebut.

Adapun sebagian dari perempuan menggunakan jiwa suami tersebut di jalan yang benar. Kebanyakan dari laki-laki yang telah menikah, kondisi ekonomi dan kejiwaan mereka tumbuh dan berkembang. Dimana sebelumnya, mereka tidak melihat dan mendapatkan seseorang atau sosok khusus di sekitarnya yang akan memberikan jawaban kepadanya. Akan tetapi, setelah menikah mereka menemukan rasa tanggung jawab dan kesiapan menjawab bagi pasangan sehati dan sejalannya, dan hal inilah yang menjadi penyebab kemajuannya.

Di sinilah ditemukannya peran penting dan pengaruh istri. Seorang istri mampu membuat kelam kehidupan suaminya atau membawanya kepada maqam tertinggi (transendental). Benar apa yang dikatakan oleh para pakar bahwa, perempuan (istri) layaknya penulis naskah film dan laki-laki (suami) layaknya sutradara film.

Apa saja yang anda lihat di dalam film adalah hasil dari pikiran penulis naskah. Tanpanya, tidak akan ada kisah dalam film. Ini adalah peran penting yang dimiliki seorang istri. Sangat banyak istri yang tidak mengetahui dan mengenali potensinya, dan atau minimal mereka tidak mengetahui kadar dan ukuran dari perannya tersebut. (FJR/FH)

 

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.