Konsultan Politik : Pancasila Memiliki Peran Penting di Kehidupan Bernegara

1Jakarta, Islaminesia.com – Pancasila memiliki peran penting untuk menyatukan warga Indonesia yang multietnik yang tersebar dari sabang sampai Merauke. Konsultan politik, Veri Ariefuzzaman menilai Pancasila memiliki peran yang penting dalam kehidupan bernegara di Indonesia.

Veri mengatakan, “Kalau di Amerika ada civil religion, maka di Indonesia ada Pancasila (yang berperan) sebagai agama publik,” dikutip dari NU Online.

Hal itu disampaikan saat ia mengisi kuliah umum Semangat Agama Dalam Membangun Civil Society di Auditorium Fisip UIN Hidayatullah Jakarta pada Kamis (14/4).

Very juga mejelaskan bahwa ada tiga model hubungan agama dan negara, “Pertama, kelompok simbolistik-formalistik, yang menginginkan Islam menjadi dasar negara. Saya berani mengatakan sebenarnya kelompok ini fundamentalis.”

Kelompok yang kedua adalah sekularistik yang bertolak belakang dengan yang pertama. Jika yang pertama percaya Islam mencakup cara hidup total sebagaimana yang dikatakan dalam syariat, kelompok kedua menyatakan bahwa antara agama dan negara itu tidak ada hubungannya sama sekali.

“Kelompok yang ketiga adalah kelompok yang subtantif. Pandangan ini tidak hanya menolak agama dan negara disatukan, tapi juga menolak adanya pemisahan secara total” jelas Ketua Umum Gema Ormas MKGR Banten tersebut.

Dalam kehidupan berbangsa, tidak diragukan lagi bahwa Pancasila sebagai ideologi negara mampu mencakup seluruh elemen masyarakat, etnis, dan budaya yang begitu beragam di Indonesia. Sehingga Pancasila harus terinternalisasi dan menjadi penggerak dalam mmelakukan interaksi. (II/TF)

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.