400 Migran Tewas Tenggelam di Laut Mediterania

1Mogadishu- Islaminesia.com – Radio negara Somalia menurunkan laporan yang menyatakan bahwa lebih dari 400 migran, sebagian besar berasal dari Somalia, dilaporkan tenggelam di Laut Mediterania dalam perjalanan dari Libya menuju ke Italia.

Dalam pernyataan bersama Presiden, Perdana Menteri, dan Ketua Parlemen Somalia, mereka mengatakan 400 migran telah tenggelam di Laut Mediterania akibat perahu yang mereka tumpangi terbalik. Namun, terkait jumlah masih belum dipastikan. Pasalnya, Menteri Informasi Somalia mengatakan, jumlah korban tewas bisa jadi 200 orang.

“Ini adalah tragedi yang menyakitkan yang mengingatkan kita semua, betapa pentingnya bagi kita untuk mencegah remaja kita memulai perjalanan berisiko tinggi seperti ini,” bunyi pernyataan bersama itu, seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Selasa (19/4/2016).

Menurut Awale Warsame, yang mengaku korban selamat dalam kejadian itu, penumpang kapal yang nahas itu berjumlah 500 orang. Dari angka itu, 23 orang berhasil selamat dengan menggunakan potongan kayu yang berasal dari kapal yang tenggelam untuk mengapung, sebelum akhirnya diselamatkan.

“Kami melakukan perjalanan dari Mesir, tepatnya Alexandria, pada tanggal 7 April dan perahu terbalik pada 12 April tapi kami diselamatkan oleh sebuah kapal Filipina dari sebuah pulau Yunani lima hari kemudian,” tuturnya lagi.

Terkait hal ini, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir Ahmed Abu Zeid mengatakan, kantornya tidak memiliki informasi dan pejabat memeriksa laporan. Sedangkan penjaga pantai Yunani mengatakan tidak memiliki laporan kapal tenggelam. (II/TF/Sindo)

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.