Informasi Penyerangan ISIS di Indonesia Hoax

ilustrasi

ilustrasi

Islaminesia.com – Sub kelompok Anonymous yang bernama OpParisIntel mengklaim sudah meretas forum komunikasi ISIS dan menemukan informasi terkait serangan ISIS di dunia, termasuk di Indonesia.

Khusus di Indonesia, titik yang disebutkan menjadi target adalah acara one day one juz di masjid Al Jihad Karawang, Minggu (22/11/2015).

Namun saat dikonfirmasi detikcom, acara di masjid tersebut lancar tanpa gangguan. “Alhamdulillah lancar. Tak ada gangguan. Sudah diantisipasi pihak pengamanan,” kata Deni, ketua dewan pengurus area Karawang yang menangani acara tersebut,

Baru-baru ini akun Twitter @YourAnonNews, membantah telah menyebarkan serangan ISIS ke berbagai negara.

“Kami tidak menyebarkan rumor apapun soal kemungkinan serangan ISIS di masa depan, dan sayangnya, kami tak tahu dari mana rumor itu berasal,” tulis mereka.

We did not spread any rumors about possible future ISIS attacks, and frankly, we do not know where the rumors come from.

— Anonymous (@YourAnonNews) November 21, 2015

Our last update for #OpISIS We are not affiliated with the operation. Please follow the affiliated accounts and fact-check before reporting.

— Anonymous (@YourAnonNews) November 21, 2015

Memang banyak pihak yang mencatut nama Annonymous guna menyebarkan berita bohong, hoax atau provokasi lainnya. Tak cuma membantah, melalui akun Anonycast, akun Twitternya yang lain, Anonymous pun kemudian mengeluhkan seringnya nama mereka digunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

“Menurutku kemampuan viral #Anonymous saat ini benar-benar sedang dimanipulasi,” tulis Anonycast.

Ada juga akun @AnonyOps yang menyebut bahwa nama Anonymous selain dimanipulasi juga digunakan sebagai alat propaganda balasan, dikutip dari news.com.au, Senin (23/11/2015).

Saking banyaknya akun Twitter yang mengaku sebagai Anonymous, seorang netizen pun akhirnya bertanya. “@YourAnonNews terlalu banyak laman Twitter Anon, bagaimana kami bisa tahu mana yang asli dan mana yang bukan?!?” tulis @cloudburst1988.

Sayangnya, tanggapan dari pertanyaan itu pun tak bisa menjawab. “@cloudburst1988 Tak ada akun Twitter Anonymous yang resmi, silahkan ambil konklusi sendiri,” tulis @YourAnonNews.”

Soal akun resmi ini, Gizmodo pernah menulis, bahwa tak ada yang benar-benar ofisial jika berkaitan dengan Anonymous. Namun akun Twitter @YourAnonNews bisa dibilang adalah juru bicara dari grup Anonymous. (II/NF/BerbagaiSumber)

Berikan Tanggapan Anda

komentar untuk artikel ini

One Response to "Informasi Penyerangan ISIS di Indonesia Hoax"

  1. Pingback: ISIS Akan Menyerang Komunitas ODOJ | membantahfitnah

Leave a Reply

Your email address will not be published.